Minggu, 26 Agustus 2018

Flek atau Menstruasi

Jika Anda seorang wanita di usia reproduktif Anda, Anda biasanya akan mengalami pendarahan setiap bulan saat Anda mengalami menstruasi. Kadang-kadang Anda mungkin melihat bintik-bintik perdarahan vagina saat Anda tidak sedang menstruasi. Seringkali, spotting ini tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, dari kehamilan hingga perubahan dalam metode pengendalian kelahiran. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk meminta dokter memeriksa pendarahan vagina yang tidak diharapkan, terutama jika Anda tidak yakin penyebabnya.

Berikut adalah panduan untuk membantu Anda mengetahui perbedaan antara bercak dan periode Anda.

Gejala

Selama menstruasi Anda, aliran darah biasanya akan cukup berat sehingga Anda harus memakai pembalut atau tampon untuk menghindari pewarnaan pakaian dan pakaian Anda. Bercak jauh lebih ringan dari satu periode. Biasanya Anda tidak akan menghasilkan cukup darah untuk merendam melalui panty liner. Warnanya mungkin lebih ringan dari periode juga.

Cara lain untuk mengetahui apakah Anda melihat atau memulai periode Anda adalah dengan melihat gejala Anda yang lain. Tepat sebelum dan selama periode Anda, Anda mungkin memiliki gejala seperti:

    kembung
    kelembutan payudara
    kram
    kelelahan
    perubahan suasana hati
    mual

Jika Anda memiliki bercak yang disebabkan oleh kondisi lain, Anda mungkin juga memiliki beberapa gejala ini, baik pada waktu lain selama bulan itu, atau pada saat yang sama Anda mengalami bercak tersebut:

    lebih berat atau lebih lama dari biasanya
    gatal dan kemerahan di vagina
    periode yang terlewatkan atau tidak teratur
    mual
    nyeri atau terbakar saat buang air kecil atau seks
    sakit di perut atau panggul Anda
    keluarnya cairan yang tidak biasa atau bau dari vagina
    penambahan berat badan

Penyebab

Anda mendapatkan menstruasi ketika lapisan uterus Anda di awal siklus bulanan Anda. Bercak, di sisi lain, dapat disebabkan oleh salah satu faktor ini:

    Ovulasi. Selama ovulasi, yang terjadi di tengah siklus menstruasi Anda, sel telur dilepaskan dari tuba fallopii Anda. Beberapa wanita melihat bercak cahaya ketika mereka mengalami ovulasi.

    Kehamilan. Sekitar 20 persen wanita mengalami bercak selama tiga bulan pertama kehamilan mereka. Seringkali, darah muncul di beberapa hari pertama kehamilan, ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Banyak wanita yang salah mengira pendarahan implantasi ini untuk jangka waktu karena hal itu terjadi begitu cepat sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka hamil.

    Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Pendarahan tidak teratur adalah gejala PCOS, suatu kondisi di mana ovarium Anda menghasilkan hormon ekstra pada pria. PCOS sering terjadi pada wanita muda. Ini mengarah pada pertumbuhan kantung kecil berisi cairan di indung telur Anda.

    Kontrol kelahiran. Pil KB dapat menyebabkan bercak, terutama ketika Anda mulai menggunakannya atau beralih ke yang baru. Pil kontrasepsi yang terus-menerus lebih mungkin menyebabkan perdarahan terobosan daripada pil 21 atau 28 hari. Bercak juga umum pada wanita yang memiliki alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).

    Fibroid rahim. Fibroid adalah benjolan kecil non-kanker yang dapat terbentuk di bagian luar atau di dalam rahim. Mereka dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal, termasuk bercak di antara periode.

    Infeksi. Infeksi pada vagina, leher rahim, atau bagian lain dari saluran reproduksi Anda kadang-kadang bisa membuat Anda melihat. Bakteri, virus, dan ragi semuanya menyebabkan infeksi. Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi serius yang bisa Anda dapatkan dari STD seperti klamidia atau kencing nanah.

    Polip serviks. Polip adalah pertumbuhan yang terbentuk di serviks. Itu tidak bersifat kanker, tetapi bisa berdarah. Selama kehamilan, polip lebih cenderung berdarah karena perubahan kadar hormon.

    Mati haid. Transisi menuju menopause bisa memakan waktu beberapa tahun. Selama waktu ini, periode Anda kemungkinan akan lebih tak terduga dari biasanya. Ini karena kadar hormon berfluktuasi. Pendarahan akan berkurang setelah Anda mengalami menopause penuh.

    Seks kasar atau pelecehan seksual. Kerusakan pada lapisan vagina dapat membuat Anda berdarah sedikit.

Faktor risiko

Anda lebih cenderung memperhatikan bercak di antara periode jika Anda:

    hamil
    baru-baru ini beralih metode pengendalian kelahiran
    baru mulai mendapatkan haidmu
    memiliki IUD
    memiliki infeksi pada serviks, vagina, atau bagian lain dari saluran reproduksi
    memiliki PID, PCOS, atau fibroid uterus

Diagnosa

Meskipun bercak-bercak biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius, itu tidak normal. Setiap kali Anda melihat pendarahan di luar periode Anda, Anda harus menyebutkannya ke dokter perawatan primer Anda atau OB-GYN. Sangat penting untuk menghubungi dokter Anda jika Anda hamil dan melihat bercak. Bercak bisa menjadi tanda komplikasi serius, seperti kehamilan ektopik atau keguguran.

Selama kunjungan Anda, dokter Anda akan bertanya tentang gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencoba mengidentifikasi penyebab bercak Anda. Pemeriksaan fisik kemungkinan akan mencakup pemeriksaan panggul. Tes yang dapat membantu mendiagnosis penyebabnya meliputi:

    tes darah
    Pap smear
    tes kehamilan
    USG ovarium dan rahim Anda

Pengobatan

Perawatan untuk bercak akan tergantung pada kondisi apa yang menyebabkannya. Anda mungkin membutuhkan:

    obat antibiotik atau antijamur untuk mengobati infeksi
    pengendalian kelahiran atau hormon lain untuk mengatur siklus menstruasi Anda
    prosedur untuk menghilangkan polip atau pertumbuhan lain di rahim atau leher rahim Anda

Pandangan

Pandangannya tergantung pada penyebab bercak Anda. Bercak selama kehamilan dan dari saklar kontrol kelahiran biasanya akan berhenti setelah beberapa minggu atau bulan. Bercak yang disebabkan oleh infeksi, polip, fibroid, atau PCOS harus hilang begitu kondisinya terkendali dengan pengobatan.

Biasanya bercak tidak serius, tetapi bisa tidak nyaman, terutama ketika Anda tidak siap untuk pendarahan. Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda melihat atau menstruasi adalah untuk melacak menstruasi Anda. Simpan buku harian atau gunakan aplikasi periode di ponsel Anda untuk mencatat kapan perdarahan bulanan Anda dimulai dan berakhir setiap bulan, dan ketika Anda bercak dengannya. Bagikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah Anda dapat menemukan pola apa pun.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang perawatan hormon yang dapat membantu mengatur menstruasi Anda dan mencegah bercak. Selama kehamilan Anda dapat mengelola perdarahan dengan mendapatkan istirahat sebanyak mungkin dan tidak mengangkat sesuatu yang berat.

Sampai Anda bisa mendapatkan kontrol di bawah kontrol, selalu dekatkan panty liners. Memiliki kotak di rumah dan membawa beberapa di dompet Anda, kalau-kalau Anda mulai berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar