Minggu, 26 Agustus 2018

Terlambat Menstruasi

Khawatir tentang periode akhir, tetapi tahu Anda tidak hamil? Terjawab atau terlambat menstruasi terjadi karena berbagai alasan selain kehamilan. Penyebab umum dapat berkisar dari ketidakseimbangan hormon hingga kondisi medis yang serius.

Ada juga dua kali dalam kehidupan seorang wanita ketika itu benar-benar normal untuk menstruasi menjadi tidak teratur: ketika pertama kali dimulai, dan ketika menopause dimulai. Ketika tubuh Anda melewati masa transisi, siklus normal Anda bisa menjadi tidak teratur.

Kebanyakan wanita yang belum mencapai menopause biasanya memiliki periode setiap 28 hari. Namun, siklus menstruasi yang sehat dapat berkisar dari setiap 21 hingga 35 hari. Jika periode Anda tidak termasuk dalam rentang ini, itu mungkin karena salah satu alasan berikut.

1. Stres

Stres dapat membuang hormon Anda, mengubah rutinitas harian Anda, dan bahkan mempengaruhi bagian otak Anda yang bertanggung jawab untuk mengatur periode Anda - hipotalamus Anda. Seiring waktu, stres dapat menyebabkan penyakit atau kenaikan atau kehilangan berat badan mendadak, yang semuanya dapat memengaruhi siklus Anda.

Jika Anda berpikir stres mungkin akan membuang periode Anda, cobalah berlatih teknik relaksasi dan lakukan perubahan gaya hidup. Menambahkan lebih banyak latihan untuk rejimen Anda dapat membantu Anda kembali ke jalur.

2. Berat badan rendah

Wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bulimia, mungkin mengalami periode yang tidak terjawab. Beratnya 10 persen di bawah apa yang dianggap sebagai rentang normal untuk tinggi badan Anda dapat mengubah cara tubuh Anda berfungsi dan menghentikan ovulasi. Mendapatkan perawatan untuk gangguan makan Anda dan menambah berat badan dengan cara yang sehat dapat mengembalikan siklus Anda menjadi normal. Wanita yang berpartisipasi dalam olahraga ekstrim seperti maraton dapat menghentikan menstruasi mereka juga.

3. Obesitas

Sama seperti berat badan rendah dapat menyebabkan perubahan hormonal, sehingga bisa menjadi kelebihan berat badan. Dokter Anda akan merekomendasikan diet dan rencana olahraga jika mereka menentukan bahwa obesitas adalah faktor dalam periode terlambat atau tidak terjawab.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon androgen laki-laki. Kista terbentuk di ovarium sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon ini. Ini bisa membuat ovulasi tidak teratur atau menghentikannya sama sekali.

Hormon lain, seperti insulin, juga bisa keluar dari keseimbangan. Ini disebabkan oleh resistensi insulin, yang berhubungan dengan PCOS. Perawatan untuk PCOS berfokus pada meredakan gejala. Dokter Anda mungkin meresepkan alat kontrasepsi atau obat lain untuk membantu mengatur siklus Anda.

5. Kontrol kelahiran

Anda mungkin mengalami perubahan dalam siklus Anda ketika Anda melanjutkan atau mematikan KB. Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah ovarium melepaskan telur. Diperlukan waktu hingga enam bulan agar siklus Anda menjadi konsisten lagi setelah menghentikan pil. Jenis kontrasepsi lain yang ditanamkan atau disuntikkan dapat menyebabkan periode tidak terjawab juga.

6. Penyakit kronis

Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit celiac juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Perubahan gula darah terkait dengan perubahan hormonal, jadi meskipun jarang, diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan menstruasi Anda tidak teratur.

Penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan di usus kecil Anda, yang dapat mencegah tubuh Anda menyerap nutrisi utama. Ini dapat menyebabkan periode terlambat atau tidak terjawab.

7. Awal peri-menopause

Sebagian besar wanita mulai mengalami menopause antara usia 45 hingga 55 tahun. Wanita yang mengalami gejala sekitar usia 40 tahun atau lebih awal dianggap mengalami peri-menopause dini. Ini berarti persediaan telur Anda sedang menurun, dan hasilnya akan terlewatkan dan akhirnya berakhir menstruasi.

8. Masalah tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga bisa menjadi penyebab terlambat atau tidaknya menstruasi. Tiroid mengatur metabolisme tubuh Anda, jadi kadar hormon juga bisa terpengaruh. Masalah tiroid biasanya dapat diobati dengan obat-obatan. Setelah perawatan, periode Anda kemungkinan akan kembali normal.

Kapan mengunjungi dokter Anda

Dokter Anda dapat mendiagnosis alasan Anda terlambat atau melewatkan waktu dan mendiskusikan pilihan perawatan Anda. Simpan catatan perubahan dalam siklus Anda serta perubahan kesehatan lainnya untuk menunjukkan kepada dokter Anda. Ini akan membantu mereka membuat diagnosis.

Jika Anda memiliki gejala berikut, hubungi dokter segera:

    pendarahan yang luar biasa berat
    demam
    sakit parah
    mual dan muntah
    pendarahan yang berlangsung lebih dari tujuh hari
    pendarahan setelah Anda memasuki masa menopause dan tidak menstruasi selama satu tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar