Minggu, 26 Agustus 2018

Gejala Awal Kehamilan

Gejala Awal Kehamilan: 17 Tanda Harus Diperhatikan

Meskipun tes kehamilan dan ultrasound adalah satu-satunya cara untuk menentukan apakah Anda hamil, ada tanda dan gejala lain yang dapat Anda perhatikan. Tanda-tanda awal kehamilan lebih dari periode yang terlewat. Mereka juga bisa termasuk morning sickness, penciuman, kepekaan, dan kelelahan.

Kapan gejala dimulai?

Meskipun kedengarannya aneh, minggu pertama kehamilan Anda didasarkan pada tanggal menstruasi terakhir Anda. Periode menstruasi terakhir Anda dianggap sebagai minggu pertama kehamilan, bahkan jika Anda belum benar-benar hamil. Tanggal pengiriman yang diharapkan dihitung menggunakan hari pertama dari periode terakhir Anda. Untuk alasan itu, beberapa minggu pertama di mana Anda mungkin tidak memiliki gejala juga dihitung terhadap kehamilan 40 minggu Anda.

Tanda dan gejala Timeline (dari periode tidak terjawab)

kram ringan dan bercak minggu 1 sampai 4
melewatkan periode minggu 4
kelelahan minggu 4 atau 5
mual minggu 4 hingga 6
kesemutan atau sakit payudara minggu 4 hingga 6
sering buang air kecil minggu ke 4 sampai 6
kembung minggu 4 hingga 6
motion sickness minggu 5 hingga 6
perubahan suasana hati minggu ke 6
suhu berubah minggu ke 6
minggu tekanan darah tinggi 8
kelelahan ekstrim dan mulas minggu ke 9
detak jantung lebih cepat minggu ke 8 hingga 10
payudara dan puting berubah minggu ke 11
jerawat minggu ke 11
berat badan terlihat minggu 11
kehamilan bersinar minggu ke 12
Kram dan bercak selama awal kehamilan

Dari minggu pertama hingga minggu keempat, semuanya masih terjadi pada tingkat sel. Telur yang dibuahi menciptakan blastokista (sekelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi. Sekitar 10 hingga 14 hari (minggu keempat) setelah pembuahan, blastokista akan berimplantasi di endometrium, lapisan rahim. Ini dapat menyebabkan perdarahan implantasi yang mungkin keliru untuk periode cahaya.

Berikut beberapa tanda-tanda perdarahan implantasi:

    Warna: Warna setiap episode mungkin merah muda, merah, atau coklat.
    Pendarahan: Perdarahan biasanya dibandingkan dengan periode menstruasi Anda yang biasa. Bercak didefinisikan oleh darah hanya ketika menyeka.
    Nyeri: Nyeri bisa ringan, sedang, atau berat. Menurut sebuah studi dari 4539 wanita, 28 persen wanita terkait bercak dan pendarahan ringan mereka dengan rasa sakit.
    Episode: Pendarahan implantasi kemungkinan akan berlangsung kurang dari tiga hari dan tidak memerlukan perawatan.

Hindari merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang, yang dikaitkan dengan pendarahan berat.

Masa yang hilang selama awal kehamilan

Setelah implantasi selesai, tubuh Anda akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh mempertahankan kehamilan. Ini juga memberitahu indung telur untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan.

Anda mungkin akan kehilangan periode berikutnya empat minggu setelah pembuahan. Jika Anda memiliki periode tidak teratur, Anda harus mengikuti tes kehamilan untuk mengonfirmasi. Sebagian besar tes rumah dapat mendeteksi hCG sesegera delapan hari setelah periode yang terlewat. Tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin Anda dan menunjukkan jika Anda hamil.

Tips

    Lakukan tes kehamilan untuk melihat apakah Anda hamil.
    Jika positif, hubungi dokter atau bidan Anda untuk menjadwalkan janji pranatal pertama Anda.
    Jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun, tanyakan kepada dokter apakah mereka menimbulkan risiko bagi bayi Anda yang sedang tumbuh.

Suhu tubuh meningkat selama awal kehamilan

Suhu tubuh basal yang lebih tinggi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Suhu inti tubuh Anda juga dapat meningkat dengan lebih mudah selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, Anda harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

Kelelahan saat awal kehamilan

Kelelahan dapat berkembang kapan saja selama kehamilan. Gejala ini umum terjadi di antara gejala awal kehamilan. Tingkat progesterone Anda akan melonjak, yang dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Tips

    Minggu-minggu awal kehamilan dapat membuat Anda merasa lelah. Usahakan untuk cukup tidur.
    Menjaga kamar tidur Anda tetap sejuk juga bisa membantu. Suhu tubuh Anda mungkin lebih tinggi selama tahap awal kehamilan.

Peningkatan denyut jantung selama awal kehamilan

Sekitar minggu 8 atau 10, jantung Anda mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan. Ini biasanya karena hormon. Peningkatan aliran darah karena janin terjadi di kemudian hari dalam kehamilan. Idealnya, manajemen dimulai sebelum konsepsi, tetapi jika Anda memiliki masalah jantung yang mendasarinya, dokter Anda dapat membantu mengawasi dosis rendah obat-obatan.

Perubahan awal pada payudara: Kesemutan, sakit, tumbuh

Perubahan payudara dapat terjadi antara minggu keempat dan keenam. Anda cenderung mengembangkan payudara yang lembut dan bengkak karena perubahan hormon. Ini kemungkinan akan hilang setelah beberapa minggu ketika tubuh Anda telah menyesuaikan diri dengan hormon.

Nipple dan perubahan payudara juga bisa terjadi sekitar minggu kesebelas. Hormon terus menyebabkan payudara Anda tumbuh. Areola - area di sekitar puting - dapat berubah menjadi warna yang lebih gelap dan tumbuh lebih besar. Jika Anda pernah mengalami jerawat sebelum kehamilan, Anda mungkin juga mengalami berjerawat lagi.

Tips

    Hilangkan nyeri payudara dengan membeli bra yang nyaman dan mendukung. Kapas, bra bebas dari kawat adalah seringkali yang paling nyaman.
    Pilih satu dengan berbagai jepit yang memberi Anda lebih banyak ruang untuk "tumbuh" dalam beberapa bulan mendatang.
    Beli bantalan payudara yang sesuai dengan bra Anda untuk mengurangi gesekan pada puting dan nyeri puting Anda.

Perubahan mood selama awal kehamilan

Kadar estrogen dan progesteron akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati Anda dan membuat Anda lebih emosional atau reaktif dari biasanya. Perubahan suasana hati umum terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan perasaan depresi, lekas marah, kecemasan, dan euforia.

Sering buang air kecil dan inkontinensia selama awal kehamilan

Selama kehamilan, tubuh Anda meningkatkan jumlah darah yang dipompanya. Ini menyebabkan ginjal memproses lebih banyak cairan dari biasanya, yang menyebabkan lebih banyak cairan di kandung kemih Anda. Hormon juga memainkan peran besar dalam kesehatan kandung kemih. Anda mungkin menemukan diri Anda berlari ke kamar mandi lebih sering atau secara tidak sengaja bocor.

Melakukan

    Minum sekitar 300 mL (sedikit lebih dari satu cangkir) cairan ekstra setiap hari.
    Rencanakan perjalanan kamar mandi Anda sebelumnya untuk menghindari inkontinensia.

Kembung dan konstipasi saat awal kehamilan

Mirip dengan gejala periode menstruasi, kembung dapat terjadi selama awal kehamilan. Ini mungkin karena perubahan hormon, yang juga dapat memperlambat sistem pencernaan Anda. Anda mungkin merasa sembelit dan diblokir sebagai hasilnya. Sembelit juga bisa meningkatkan perasaan perut kembung.

Morning sickness, mual, dan muntah saat awal kehamilan

Mual dan mual di pagi hari biasanya berkembang sekitar minggu keempat dan keenam. Meskipun disebut morning sickness, itu dapat terjadi kapan saja di siang atau malam hari. Tidak jelas apa yang menyebabkan mual dan mual di pagi hari, tetapi hormon dapat berperan.

Selama 12 minggu pertama kehamilan, banyak wanita mengalami penurunan morning sickness, menurut American Pregnancy Association.

Tips

    Menjaga paket biskuit asin di tempat tidur dan makan beberapa sebelum bangun di pagi hari dapat membantu mengatasi mual di pagi hari.
    Tetap terhidrasi dengan minum banyak air.
    Hubungi dokter Anda jika Anda tidak dapat menahan cairan atau makanan.

Tekanan darah tinggi dan pusing selama awal kehamilan

Dalam banyak kasus, tekanan darah tinggi atau normal akan turun pada tahap awal kehamilan. Ini juga dapat menyebabkan perasaan pusing, karena pembuluh darah Anda melebar.

Tekanan darah tinggi akibat kehamilan lebih sulit ditentukan. Hampir semua kasus hipertensi dalam 20 minggu pertama menunjukkan masalah yang mendasari. Ini mungkin berkembang selama awal kehamilan, tetapi mungkin juga hadir sebelumnya. Dokter Anda akan mengambil tekanan darah Anda selama kunjungan pertama Anda untuk membantu menetapkan garis dasar untuk pembacaan tekanan darah normal.

Tips

    Pertimbangkan beralih ke latihan yang ramah kehamilan, jika Anda belum melakukannya.
    Pelajari cara melacak tekanan darah Anda secara teratur.
    Tanyakan kepada dokter Anda tentang panduan diet pribadi untuk membantu mengurangi tekanan darah.
    Minum cukup air dan ngemil secara teratur dapat membantu mencegah pusing. Berdiri perlahan ketika bangun dari kursi juga dapat membantu.

 Sensitifitas bau dan keengganan makanan selama awal kehamilan

Gejala ini sebagian besar dilaporkan sendiri. Ada sedikit bukti ilmiah tentang sensitivitas bau selama trimester pertama. Tapi itu mungkin penting, karena sensitivitas bau dapat memicu mual dan muntah. Ini juga dapat menyebabkan keengganan makanan.

Satu review melihat laporan dari 1922 hingga 2014 tentang hubungan antara bau dan kehamilan. Peneliti menemukan kecenderungan bahwa wanita hamil cenderung menilai bau sebagai lebih intens selama trimester pertama mereka.

Kenaikan berat badan selama awal kehamilan

Peningkatan berat badan menjadi lebih umum menjelang akhir trimester pertama Anda. Anda mungkin menemukan diri Anda mendapatkan sekitar satu hingga empat pon dalam beberapa bulan pertama. Persyaratan kalori untuk kehamilan awal tidak akan banyak berubah dari diet biasa Anda, tetapi mereka akan meningkat seiring dengan berlanjutnya kehamilan.

Pada tahap selanjutnya, berat badan kehamilan sering menyebar di antara:

    payudara (sekitar 1 hingga 3 pon)
    rahim (sekitar 2 pon)
    plasenta (1 dan 1/2 pon)
    cairan ketuban (sekitar 2 pon)
    peningkatan volume darah dan cairan (sekitar 5 hingga 7 pon)
    lemak (6 hingga 8 pon)

Mulas saat awal kehamilan

Hormon dapat menyebabkan katup antara perut dan kerongkongan untuk bersantai. Ini memungkinkan asam lambung bocor, menyebabkan sakit maag.

Melakukan

     Cegah mulas terkait kehamilan dengan makan beberapa makanan kecil sehari, bukan yang lebih besar.
     Cobalah untuk tetap duduk tegak setidaknya selama satu jam agar makanan Anda lebih banyak waktu untuk dicerna.
     Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang mungkin aman untuk Anda dan bayi Anda, jika Anda membutuhkan antasida.

Cahaya kehamilan dan jerawat selama awal kehamilan

Banyak orang mungkin mulai mengatakan Anda memiliki "kehamilan bersinar." Kombinasi peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi mendorong lebih banyak darah melalui pembuluh Anda. Ini menyebabkan kelenjar minyak tubuh bekerja lembur. Itu, pada gilirannya, memberikan kulit Anda penampilan memerah, mengkilap. Di sisi lain, Anda juga bisa mengembangkan jerawat.

Gejala berkurang pada trimester kedua

Banyak perubahan tubuh dan gejala kehamilan yang Anda alami pada trimester pertama akan mulai memudar setelah Anda mencapai trimester kedua. Bicarakan dengan dokter Anda tentang gejala apa pun yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Bersama-sama, Anda dapat menemukan bantuan dan kenyamanan untuk kehamilan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar