Minggu, 26 Agustus 2018

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi Terlambat

Perut kembung terjadi ketika perut terasa kencang atau penuh. Ini dapat menyebabkan area tampak lebih besar. Perut mungkin terasa keras atau kencang saat disentuh. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit tetapi biasanya bersifat sementara dan tidak menjadi perhatian.

Periode yang terlewatkan adalah ketika periode menstruasi Anda tidak terjadi ketika Anda mengira akan (dan tidak hanya terlambat). Ini terjadi ketika siklus menstruasi Anda tidak mengikuti ritme normalnya. Meskipun dapat menjadi kejadian umum bagi banyak wanita, periode yang terlewat mungkin menandakan kondisi medis yang mendasarinya.

Berikut adalah delapan kemungkinan penyebab perut kembung dan periode yang terlewatkan.

Kehamilan

Beberapa tanda yang paling penting dari kehamilan awal termasuk kelelahan, mual (juga disebut morning sickness), payudara bengkak atau nyeri, dan konstipasi. Baca lebih lanjut tentang tanda-tanda kehamilan.

Mati haid

Seorang wanita memasuki masa menopause ketika sudah 12 bulan sejak periode terakhirnya. Pada titik ini, indung telurnya telah berhenti melepaskan telur.

Kista ovarium

Wanita memiliki dua ovarium yang menghasilkan telur, serta hormon estrogen dan progesteron. Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista akan terbentuk di salah satu indung telur. Gejala kista ovarium termasuk mual, muntah, kembung, gerakan usus yang menyakitkan, dan rasa sakit saat berhubungan seks. Baca lebih lanjut tentang kista ovarium.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi di mana kadar hormon seks wanita estrogen dan progesteron tidak seimbang. PCOS dapat memengaruhi siklus menstruasi wanita, kesuburan, fungsi jantung, dan penampilan. Baca lebih lanjut tentang sindrom ovarium polikistik.

Kehamilan ektopik

Dalam kasus kehamilan ektopik, telur yang dibuahi tidak menempel ke rahim. Sebaliknya, mungkin menempel ke tuba fallopi, rongga perut, atau leher rahim. Baca lebih lanjut tentang kehamilan ektopik.

Kanker ovarium

Ovarium adalah organ kecil berbentuk almond yang terletak di kedua sisi rahim. Mereka adalah tempat telur diproduksi. Kanker ovarium dapat terjadi di beberapa bagian ovarium yang berbeda. Baca lebih lanjut tentang kanker ovarium.

Anorexia nervosa

Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah. Seseorang dengan anoreksia sibuk dengan asupan kalori dan berat badan. Baca lebih lanjut tentang anorexia nervosa.

Gangguan kecemasan

Sangat umum untuk merasa cemas tentang hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda - seperti keuangan Anda - sesekali. Seseorang yang mengidap GAD mungkin khawatir tentang keuangannya beberapa kali setiap hari selama berbulan-bulan. Baca lebih lanjut tentang gangguan kecemasan.
Apa yang menyebabkan perut kembung?

Kembung sering disebabkan oleh makanan, seperti brokoli, kacang, dan kubis. Makanan semacam ini melepaskan gas di usus ketika dicerna. Gangguan pencernaan dan masalah pencernaan sementara lainnya juga menyebabkan kembung.

Kemungkinan penyebab lainnya

Hormon estrogen dan progesteron mengontrol siklus menstruasi Anda. Sejumlah faktor dapat memengaruhi produksi hormon-hormon ini di tubuh Anda, termasuk faktor gaya hidup. Ini dapat menyebabkan periode menstruasi yang terlewatkan.

Wanita muda yang baru mulai menstruasi mungkin tidak mengembangkan siklus teratur segera.

Beberapa obat juga dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh dan menyebabkan periode yang terlewat dan / atau kembung perut.

Kondisi yang dapat menyebabkan perut kembung dan melewatkan periode pada saat yang bersamaan adalah:

    menekankan
    obat-obatan seperti pil KB, obat kemoterapi, dan antidepresan
    tumor atau penyumbatan struktural yang mempengaruhi pelepasan sel telur dari saluran tuba
    gangguan kelenjar tiroid atau pituitari

Kapan mencari bantuan medis

Periode yang tidak terjawab dan kembung perut dapat terjadi karena berbagai alasan yang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika periode yang hilang Anda terus berlanjut atau kembung Anda memburuk, bicarakan dengan dokter Anda untuk membantu Anda menentukan akar penyebabnya. Jika Anda melewatkan tiga periode berturut-turut, temui dokter.

Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut selain sakit perut dan kembung, carilah perawatan darurat:

    darah dalam tinja atau tinja hitam yang tampak dalam konsistensi
    diare yang tidak hilang dalam satu hari
    sakit perut yang parah
    muntah yang tidak terkontrol
    mulas yang parah atau memburuk
    pendarahan vagina

Informasi ini adalah ringkasan. Cari bantuan medis jika Anda mencurigai Anda membutuhkan perawatan segera.

Bagaimana periode perut kembung dan tidak terjawab dirawat?

Perawatan medis

Dokter Anda memiliki sejumlah obat yang dapat membantu mengobati perut kembung dan periode yang terlewatkan. Perawatan-perawatan ini akan membahas sebagian besar penyebab yang mendasari. Pil KB, hormon tiroid, dan hormon hipofisis hanyalah sebagian dari obat yang diresepkan dokter. Itu semua tergantung pada akar penyebab perut Anda kembung dan terlambat haid.

Perawatan rumah

Makan makanan yang sehat, menghindari kelebihan lemak dan garam, dan minum banyak air dapat membantu mengurangi perut kembung. Cairan yang mengandung kafein, termasuk kopi dan teh, dapat menyebabkan kembung. Mereka harus dihindari jika memungkinkan.

Berolahraga dapat membantu mengurangi stres dan kembung. Juga ketahui bahwa olahraga berlebihan dapat berkontribusi pada periode yang terlewatkan.

Cara mencegah perut kembung dan melewatkan periode

Stres dapat memicu periode yang terlewat, jadi usahakan untuk menjaga tingkat stres Anda turun. Terlibat dalam kegiatan yang Anda nikmati; berolahraga dan dengarkan musik yang tenang. Semua ini dapat membantu Anda rileks dan meminimalkan stres.

Makan beberapa makanan kecil sepanjang hari, bukan yang lebih besar. Meluangkan waktu Anda saat makan juga dapat membantu mencegah perut kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar