Minggu, 26 Agustus 2018

Tes Kehamilan

Anda sering dapat mengetahui apakah Anda hamil dengan memerhatikan setidaknya satu gejala umum. Jika Anda mengalami salah satu gejala kehamilan, Anda harus mengikuti tes kehamilan di rumah atau mengunjungi dokter untuk memastikan kehamilan.

Anda kemungkinan akan mendapatkan hasil yang akurat dari tes kehamilan satu hari setelah periode pertama yang terlewat. Namun, sebaiknya tunggu setidaknya seminggu setelah periode yang terlewat untuk memastikan Anda mendapatkan hasil pengujian yang paling akurat.

Tes kehamilan di rumah

Tes kehamilan di rumah (HPT) dapat digunakan pada hari pertama dari periode yang terlewat.
Beberapa tes yang sangat sensitif dapat digunakan lebih awal.

Tes-tes ini bekerja dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin Anda. Hormon ini hanya ditemukan di dalam tubuh selama kehamilan. Zat kimia dalam tongkat berubah warna saat kontak dengan hormon ini. Waktu menunggu akan bervariasi tergantung pada tes, tetapi kebanyakan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menghasilkan pembacaan yang akurat.

Kebanyakan produsen merekomendasikan bahwa HPT diambil dua kali, karena hasilnya dapat bervariasi jika Anda mengambil tes terlalu cepat setelah periode pertama Anda yang terlewat. Dalam beberapa kasus, kadar hCG Anda terlalu rendah untuk ditangkap sejak awal. Aplikator bervariasi dari merek ke merek, tetapi tes umumnya tidak mahal.

Tes kehamilan akurat ketika mereka digunakan dengan benar. Ada kemungkinan untuk memiliki negatif palsu, yang terjadi ketika Anda hamil tetapi tes mengatakan Anda tidak hamil. Jika Anda melewatkan periode Anda dan tidak tiba setelah beberapa hari, ulangi tes atau periksa dengan dokter Anda.

Tes urin klinis

Anda bisa mendapatkan tes urine klinis di kantor dokter Anda. Tes ini tidak selalu lebih akurat daripada HPT. Namun, dokter Anda mungkin dapat membantu menghilangkan kemungkinan kesalahan yang mungkin mempengaruhi keakuratan tes. Tergantung pada rencana asuransi kesehatan Anda, tes urin klinis mungkin lebih mahal daripada HPT.

Hasil tes urin klinis dapat bervariasi tergantung pada fasilitas medis yang Anda kunjungi. Namun, Anda biasanya dapat mengharapkan hasil Anda dalam seminggu setelah mengikuti tes.

Tes darah

Tes-tes ini dilakukan di kantor dokter Anda. Sebuah laboratorium menguji darah Anda untuk mendeteksi hCG.

Ada dua jenis tes darah kehamilan:

    Tes darah hCG kualitatif: Tes ini memeriksa untuk melihat apakah ada hCG yang diproduksi di dalam tubuh. Ini memberikan jawaban ya atau tidak sederhana apakah Anda hamil atau tidak.
    Tes darah hCG kuantitatif: Tes ini mengukur tingkat spesifik hCG dalam darah.

Jika kadar hCG Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari yang diharapkan berdasarkan pada seberapa jauh Anda berpikir Anda berada dalam kehamilan, dokter Anda dapat memesan tes lebih lanjut. Mereka dapat memasukkan ultrasound atau mengulang tes hCG dalam beberapa hari. Alasan paling umum untuk kadar hCG tampak abnormal adalah tidak yakin tentang tanggal Anda. Ini berarti Anda lebih baik dalam kehamilan atau tidak sejauh yang Anda pikirkan.

Tes darah hCG kuantitatif sangat akurat karena mereka mengukur jumlah hCG yang tepat dalam darah. Mereka dapat mendeteksi jumlah hormon yang lebih kecil daripada tes darah hCG kualitatif atau tes urin.

Tes darah dapat mendeteksi hCG lebih awal dari tes urin. Tes darah biasanya lebih mahal daripada tes di rumah, dan Anda harus menunggu lebih lama untuk hasil Anda. Hasil tes darah bisa memakan waktu lebih dari satu minggu, dan kadang dua, untuk dikirim.

Gejala awal kehamilan

Beberapa gejala kehamilan sangat terlihat sejak awal, termasuk:

    periode yang tidak terjawab
    merasa lelah
    kencing lebih dari biasanya
    payudara sensitif, bengkak
    mual
    muntah

Jika Anda memperhatikan gejala-gejala ini, bicarakan dengan dokter Anda, terutama jika Anda baru-baru ini melakukan hubungan seks tanpa kondom.

 Apa selanjutnya jika hasilnya positif

Langkah Anda berikutnya bergantung pada dua hal: apakah Anda hamil dan apakah Anda berencana hamil atau tidak.

Jika hasil tes Anda positif dan Anda berencana untuk memiliki bayi, ikuti tes lain (atau dua) untuk memastikan Anda hamil. Kemudian, temui dokter Anda sebelum mencapai batas 8 minggu. Anda dapat bertanya kepada mereka tentang pilihan perawatan pranatal atau spesialis yang dapat membantu memandu Anda melalui kehamilan Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang perubahan apa pun yang perlu Anda lakukan terhadap gaya hidup Anda, obat-obatan, atau diet untuk menjaga diri Anda dan bayi Anda sehat selama sembilan bulan ke depan.

Jika hasil tes Anda positif tetapi Anda tidak berencana untuk hamil, tanyakan dokter Anda tentang opsi yang tersedia, termasuk:

    mengakhiri kehamilanmu
    membawa kehamilan ke istilah untuk diadopsi
    apa yang harus dilakukan jika Anda ingin melanjutkan kehamilan Anda

Anda juga dapat menerima bantuan dari klinik atau pusat kesehatan yang mengkhususkan diri dalam kesehatan reproduksi dan perawatan anak, seperti Planned Parenthood.

Palsu positif

Kesalahan positif dapat terjadi karena beberapa alasan:

    kehamilan kimia, di mana kehamilan Anda berakhir segera setelah telur menempel pada lapisan uterus Anda
    mati haid
    kehamilan ektopik
    kondisi ovarium, seperti kista

Temui dokter Anda jika Anda mencurigai salah satu dari faktor-faktor ini mungkin memberi Anda positif palsu.

Apa selanjutnya jika hasilnya negatif

Jika hasil tes Anda negatif, tetapi Anda ingin memiliki bayi, teruslah berusaha untuk hamil. Juga pastikan Anda mulai mengonsumsi suplemen asam folat, jika Anda belum melakukannya. Anda tidak akan selalu hamil dari hubungan seksual tergantung pada siklus menstruasi Anda, jadi gunakan kalkulator ovulasi atau lacak siklus Anda di kalender untuk memutuskan kapan waktu terbaik bagi Anda untuk hamil.

Jika Anda mencoba untuk hamil beberapa kali, pertimbangkan untuk melakukan tes kesuburan atau meminta pasangan Anda untuk mendapatkan tes kesuburan. Ini dapat mengungkapkan apakah salah satu dari Anda mungkin memiliki masalah kesuburan yang memengaruhi kemampuan Anda untuk hamil. Jika Anda mandul, pertimbangkan pilihan lain untuk hamil, seperti inseminasi buatan.

Jika hasil tes Anda negatif dan Anda tidak berencana untuk hamil, lakukan tes kedua untuk memastikan hasilnya akurat. Jika Anda mengambil tes karena Anda khawatir bahwa Anda mungkin telah hamil setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom, pastikan untuk menggunakan kontrol kelahiran yang diperlukan untuk mencegah ketakutan kehamilan di masa depan.

Jika hasil Anda negatif tetapi Anda masih mengalami gejala kehamilan, seperti periode yang terlewatkan, kunjungi dokter untuk mencari tahu apakah ada kondisi lain yang menyebabkan gejala Anda. Gejala seperti kelelahan, mual, dan muntah sering terjadi pada kondisi lain. Olahraga berat atau stres yang berlebihan dapat menyebabkan periode yang terlewatkan juga.

Negatif palsu

Negatif palsu dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk:

Jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat penenang atau antikonvulsan.

Jika Anda melakukan tes ketika urin Anda diencerkan dari asupan makanan dan cairan. Lakukan tes di pagi hari ketika urin Anda setidaknya encer.

Jika Anda mengikuti tes terlalu dini setelah periode yang terlewat. Mengikuti tes beberapa hari hingga seminggu setelah periode yang terlewat biasanya akan memberi Anda hasil yang paling akurat.

Jika Anda tidak menunggu cukup lama setelah mengikuti tes. Jika Anda menggunakan HPT, ikuti petunjuk untuk memastikan Anda memberikan waktu yang cukup untuk memberi Anda hasil.
Bawa pulang

Tes kehamilan di rumah biasanya sangat akurat dan biasanya akan memberi Anda hasil yang cukup jika Anda mengikuti instruksi mereka. Namun,

Anda harus mendapatkan tes darah atau urin untuk memastikan apakah Anda merasa positif atau negatif palsu.

Tergantung pada hasilnya, bicarakan dengan dokter atau pasangan Anda tentang langkah-langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya. Kehamilan adalah waktu yang menyenangkan bagi banyak wanita. Pelajari sebanyak yang Anda bisa tentang cara merawat diri sendiri dan kesehatan Anda, terlepas dari langkah Anda selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar